RAKERDA DMI Karawang, kembalikan mesjid jadi pusat gerakan umat Islam disegala bidang

0
1279

SANDARANEWS : RABU (09/01/2019)
KARAWANG – Sejarah Mesjid adalah sebagai pusat pergerakan umat Islam dan pusat pergerakan dalam merancang strategi penyebaran agama islam. Selain itu mesjid juga dianggap sebagai pusat sentral dalam membangun umat, baik secara ekonomi, pendidikan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) umat Islam.

Hal ini menjadi tujuan utama organisasi Dewan Mesjid Indonesia (DMI). Hari ini pengurus Dewan Mesjid Indonesia (DMI) Kabupaten Karawang melakukan rapat kerja daerah (RAKERDA) yang bertempat di RM Alamsari Karawang, (Rabu (09/01).

RAKERDA Pimpinan Daerah Dewan Mesjid Indonesia (DMI) Kabupaten Karawang

Menurut ketua Pimpinan Daerah (PD) Dewan Mesjid Indonesia (DMI) H. Acep Jamhuri, yang juga ketua DKM mesjid agung Karawang, menjelaskan bahwa mesjid tidak hanya menjadi pusat Ibadah saja namun harus menjadi pusat pergerakan lainya bagi umat islam.

“Dengan terbentuknya organisasi DMI di Kabupaten Karawang diharapkan terjalin silaturahmi secara menyeluruh antar segenap pengurus mesjid, ualama dan fungsional mesjid sekabupaten Karawang, dan jaringan pengurus Dewan Mesjid Indonesia (DMI) Kabupaten Karawang harus terbentuk hingga pedesaan (Ranting-Red)”,

Ia menambahkan,” Kaitan dengan pengurus – pengurus mesjid besar, mesjid jami, dan mesjid mesjid di daerah pedesaan, seharusnya terkoordinasi dan tersentral di pusat atau kabupaten sebab legitimasi setiap dewan pengurus mesjid perlu diakui keberadaanya”, Tuturnya.

Menurut Acep, pusat pertumbuhan ekonomi umat pun perlu dikembangkan ditiap daerah melalui mesjid – mesjid sehingga ekonomi umat bisa terbentuk dengan baik dibawah kendali mesjid sebagai pusat pergerakan umat, tegasnya (09/01).

Dewan Mesjid Indonesia ( DMI) sendiri di tingkat kabupaten Karawang baru dibentuk 18 Juli 2018 lalu, dan baru digelar rapat kerja daerah hari ini (09/01). DMI sendiri memiliki susunan pengurus terpusat didepan pimpinan pusat (DPP), DPW, PD sedangkan ditingkat kecamatan disebut pimpinan cabang (PC), dan Pimpinan Ranting (PR) untuk tingkat Desa. (Taufik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here