DLHK Kabupaten Karawang turunkan alat berat tuntaskan sampah di TPS taman Milenial

0
556

KARAWANG – Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Karawang turunkan alat berat, angkut semua sampah di enam Tempat Pembuangan Sementara (TPS) di wilayah UPTD Kebersihan I. Semua sampah di enam TPS tersebut di angkut tak seluruhnya.

Kepala UPTD Kebersihan Wilayah I, Luky Mantera mengatakan, pengangkutan sampah hingga titik Nol di TPS dilakukan setidaknya satu kali dalam satu bulan. Untuk pekan ini, ditargetkan sebanyak enam TPS akan di Nol-kan, yakni TPS KW6, TPS milenial, TPS Gangyangten, TPS Pasarbaru Karawang, TPS Jalanbaru dan TPS Karawang Kulon.

“Ini dilakukan minimal satu kali dalam sebulan. Tidak mungkin setiap hari dilakukan kegiatan serupa, karena butuh anggaran yang cukup besar,” kata dia saat ditemui di TPS Milenial, Jumat (18/10/2019).

Luky menjelaskan, kebutuhan anggaran oprasional dihitung dari jumlah mobil dan alat berat yang digunakan.

“Rata-rata butuh 10 mobil untuk meng Nol kan satu TPS saja. Per mobil, butuh 20 liter bahan bakar, ditambah dengan bahan bakar alat berat,” papar dia.

Masih kata dia, untuk TPS Milenial terdapat sekitar 50 meter kubik sampah yang harus di angkut ke TPAS Jalupang sebelum masuk ke musim penghujan, sebab tumbukan sampah tersebut khawatir akan bau menyengat saat terguyur air hujan.

“Kegiatan kali ini juga sekaligus mengantisipasi jelang masuk musim hujan. Kasian masyarakat sekitar kalau sampai saat TPS diguyur hujan keluar bau menyengat,” ungkapnya.

Luky menambahkan, masih ada kendala dalam hal controling. Karena masih ada oknum pengelola sampah swasta nakal yang membuang sampah ke TPS. “Harusnya pengelola sampah swasta ini buang langsung ke TPAS Jalupang,” tandas dia.(Sandaranews_zck)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here