Paguyuban Bus AKAP dan Agen Bus Menolak dipindahkan ke Terminal Cikampek Karawang

0
1118

SANDARANEWS : Kamis (7/01/2019

KARAWANG – Ramai-ramai Paguyuban bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan agen tiket AKAP di Terminal  type C Klari Karawang,  protes dan menolak pindah ke terminal type A Cikampek per 1 Pebruari 2019.

Para agen menilai lokasi terminal  Type A Cikampek  belum memenuhi standar kelayakan belum ada fasilitas lengkap, selain itu akses jalan dari dan menuju keluar masih jelek, ungkap Ketua Paguyuban  Agen Terminal Klari Bersatu (ATKB),  Ranu Miharja saat wawancara media.

Paguyuban Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) & sejumlah Agen tiket AKAP Menolak Dipindahkan

Ranu mengatakan, “Memang sebelumnya ada surat edaran (SE) dari Dishub yang berisi Himbauan agar agen penjualan tiket bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP)  pindah ke terminal Cikampek, namun tidak ada sosialisasi kepada kami sebelumnya. Tutur Ranu. (17/01)

Sementara saat ditemui dikantornya Kepala dinas Perhubungan Kabupaten Karawang Arief Bijaksana Maryugo mengatakan, bahwa informasi tersebut benar adanya.

Pihaknya sudah menyebarkan  informasi terkait ini dan sudah melayangkan surat edaran (SE).

Pelayanan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Terminal Klari, mulai 1 Februari 2019  akan dialihkan keterminal Cikampek Jawa Barat.

Menurutnya, “Pengalihan layanan bus AKAP ke Terminal Tipe A berlaku di seluruh Indonesia, termasuk di Kabupaten Karawang, hal Ini berdasarkan UU nomor 22 Tahun 2009 tentang LLAJ diperkuat lagi dengan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, dimana ada pembagian kewenangan antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kota / Kabupaten.”

Arif menambahkan,” Terminal Tipe A yang berada di bawah kewenangan Pemerintah Pusat, melayani angkutan AKAP dan Antar Negara, sedangkan Terminal Tipe C (Terminal Klari) di bawah kewenangan Pemerintah Kota/Kabupaten, melayani angkutan dalam kota dan angkutan desa,” ungkapnya. (16/01)

Saat ditanya soal pengaturan trayek Dishub  menjelaskan, Bus Warga Baru, AgraMas, Asli Prima, yang semula berangkat dari Terminal Klari, untuk sementara berangkat dari pool dengan rute seperti saat ini (lewat Lingkar Tanjungpura-Karawang Barat)
Dari Karawang kota keterminal Cikampek
dilayani oleh angkot jurusan Karawang – Klari, Klari-Cikampek.

“Untuk masalah yg berpotensi muncul setelah pengalihan bus AKAP keterminal  Cikampek akan terus kami monitoring dan akan selalu kami koordinasikan dengan pihak2 terkait untuk memberikan kenyamanan calon penumpang  dari dan  akan menuju terminal Cikampek” Ujar KaDishub.(16/01)

Sri Rahayu Agustina Wakil Ketua 1 DPRD Kab Karawang

Sementara Ranu menyampaikan keluhan  “Permasalahan yang kami hadapi ditempat baru akan kesulitan,  harus menyiapkan fasilitas, sementara fasilitas yang ada belum memadai, ” tandanya. (16/01)

Disisi lain, respon Wakil Ketua I DPRD Kab. Karawang, Hj. Sri Rahayu, SH saat diwawancarai mengatakan bahwa pihaknya akan memanggil Dinas terkait dalam hal ini Dinas Perhubungan untuk duduk bersama dengan paguyuban Agen Bus, mencari solusi yang terbaik pasalnya Terminal Cikampek yang bertyfe A itu saat ini sarana dan prasaranya memang masih belum memadai.

Sri mengatakan “Pihak Kami akan memanggil Dinas Perhubungan untuk duduk bersama dengan Paguyuban Agen Bus mencari solusi terbaik,” pungkasnya. (Taufik_Sandaranews).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here