Tahun 2019 Anak Usia 0 – 16 tahun Akan punya Kartu Identitas Anak (KIA)

0
1500

SANDARANEWS : Rabu (16/01/2019)
KARAWANG – Tahun 2019 Dinas Kependudukan dan pencatatan sipil (Disdukcatpil) Kabupaten Karawang menargetkan pencetakan Kartu Identitas Anak (KIA) bisa terealisasi sesuai rencana.

Menurut kepala dinas Dukcatpil Kabupaten Karawang Yudi Yudiawan rencana realisasi pencetakan KIA akan dilaksanakan di bulan pebruari hanya karena alasan keterbatasan. Blangko KIA (Kartu Identitas Anak) realisasi diundur hingga bulan April 2019.

Karyu Identitas Anak (KIA) ini berlaki bagi anak usia 0-16 tahun dengan nomor identitas terkoneksi dengan kartu keluarga (KK) yang sudah ada pada kepala keluarga, sehingga nomor identitas tetap.

“Insya Allah bulan April 2019 seluruh anak usia 0-16 tahun bisa memiliki KIA,” ujar Yudi, (15/01).

Yudi mengatakan Untuk saat ini proses pencetakan KIA baru dikhususkan untuk siswa SMP di Kabupaten Karawang.

Kaitan dengan penhadaan blangko KIA Yudi memprediksikan akan rampung bulan April. Mendatang atau Pasca pemilu presiden dan legislatif 2019.

Bentuk KIA itu sendiri sedikit berbeda dengan KTP el yang dicetak oleh pemerintah pusat, namun susunan dan model kartu tetap sesuai aturan yang berlaku diperintah pusat.

“Pemerintah daerah dipersilahkan mencetak dan mengadakan KIA, meski tidak ada spesifikasi security printing model KTP-El dalam KIA, namun model KIA tetap sesuai aturan yang berlaku,” ujarnya.

Yudi menambahkan, pihaknya sudah melakukan kerjasama dengan Dinas Pendidikan dan PT Gramedia hal ini dikhususkan agar anak dan orangtua terdorong membuat KIA.
Selain itu pemegang kartu KIA akan mendapatkan diskon 10% jika membeli buku di toko Gramedia. (Taufik_Sandaranews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here