Kantor PDAM TIRTA TARUM KARAWANG Digeledah Kejati Jabar

0
2266

SANDARANEWS : Senin (19/11/2018)
KARAWANG – Setelah beberapa hari yang lalu terjadi penggeledahan dan Operasi Tangkap Tangan (OTT) dinas kependudukan & Pencatatan Sipil (Disdukcatpil), kini giliran PDAM Tirta Tarum Karawang yang Digeledah Kejaksaan Tinggi Jawa Barat. (19/11)

Penggeledahan ini berkaitan dengan pengadaan uprating PDAM Cabang Telukjambe ini sendiri bernilai Rp 4,95 M meskipun penyidikan kasus ini sebelumnya telah di ‘peti eskan’ sejak tahun 2015 lalu, namun setelah turunya surat perintah penyidikan ulang berdasarkan Surat Perintah Penyidikan Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat Nomor : PRINT-602/0.2/Fd.1/09/2018, setelah Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Jawa Barat menemukan banyak temuan Salah satunya yang berkaitan dengan peraturan dan proses pengadaan barang/jasa, terutama dengan uprating PDAM Cabang Telukjambe.

Proyek yang diluncurkan dalam APBD Perubahan Tahun 2015 itu dinyatakan tidak melalui proses studi kelayakan (feasibility study)Rekap Sehingga terkesan hanya memaksakan satu pilihan kegiatan, yakni optimalisasi IPA eksisting dari desain 50 lt/detik menjadi 150 lt/detik.

“Kantor PDAM Karawang”

Ditambah, dugaan pelanggaran lain yang dilakukan dalam proses pengadaan barang/jasa. PDAM Tirta Tarum telah melanggar aturannya sendiri, yakni peraturan Direksi Nomor 690/PER.137A/2012 dengan tidak menunjuk unsur dari luar PDAM yang dipandang ahli. Sehingga berpotensi dikerjakan asal-asalan.

Sementara, penggeledahan yang dilakukan Penyidik Kejati Jabar sendiri berlangsung dari mulai pukul 09.00 s/d 14.00 WIB. Proses penggeledahan ini telah menyegel salah satu ruangan di kantor PDAM Tirta Tarum Karawang.

Tim Kejaksaan Tinggi Jabar Saat Melakukan Penggeledahan

Terlihat beberapa mobil tahanan, namun tidak terlihat satupun pejabat PDAM yang ada satupun pejabat PDAM yang dibawa oleh pihak penyidik.

Hingga berita ini dimunculkan belum ada satupun pejabat PDAM yang bersedia di minyak keterangan terkait penggeledahan kantornya pagi tadi. Senin (29/11).(Taufik_Sandaranews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here